RUANG LINGKUP REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Rekayasa Perangkat
Lunak (Software Engineering), sedikit mengalami pergeseran makna di realita
dunia industri, bisnis, pendidikan maupun kurikulum Teknologi Informasi (TI) di
tanah air. Di industri, para tester, debugger dan programmer sering salah kaprah
menyandang gelar Software Engineer. SMK di Indonesia juga latah dengan membuka
jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, meskipun secara kurikulum hanya mengajari
bahasa C atau Pascal (mungkin lebih pas disebut jurusan pemrograman
komputer) Tulisan ini berusaha meluruskan salah kaprah yang terjadi
tentang Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering) berdasarkan
kesepakatan, acuan, dan standard yang ada di dunia internasional.
Sejarah munculnya
Rekayasa Perangkat Lunak sebenarnya dilatarbelakangi oleh adanya krisis
perangkat lunak (software crisis) di era tahun 1960-an. Krisis perangkat lunak
merupakan akibat langsung dari lahirnya komputer generasi ke 3 yang canggih,
ditandai dengan penggunaan Integrated Circuit (IC) untuk komputer. Performansi
hardware yang meningkat, membuat adanya kebutuhan untuk memproduksi perangkat
lunak yang lebih baik. Akibatnya perangkat lunak yang dihasilkan menjadi
menjadi beberapa kali lebih besar dan kompleks. Pendekatan informal yang
digunakan pada waktu itu dalam pengembangan perangkat lunak, menjadi tidak
cukup efektif (secara cost, waktu dan kualitas). Biaya hardware mulai jatuh dan
biaya perangkat lunak menjadi naik cepat. Karena itulah muncul pemikiran untuk
menggunakan pendekatan engineering yang lebih pasti, efektif, standard dan
terukur dalam pengembangan perangkat lunak.Ruang lingkup rekayasa perangkat
lunak ini perlu kamu ketahui untuk menambah wawasan sekaligus mengenal Software
Developer lebih dalam.
Jadi, ketika kamu
nantinya beneran jadi programmer software.Mengetahui Ruang lingkup rekayasa
perangkat lunak dapat membuat kamu membangun software yang benar-benar mudah
dalam segi skalabilitas. Atau lebih gampangnya, mudah di update.Sebelum membaca
ruang lingkup rekayasa perangkat lunak lebih jauh, agar benar-benar paham
dengan Jurusan RPL, ada bab yang harus kamu baca sebelumnya :
-Apa sih RPL itu ?
-Ilmu yang berkaitan dengan rpl apa aja sih ?
Jurusan RPL
adalah jurusan ngoding Ngoding adalah proses menulis code untuk membagun
sebuah software / aplikasi.Namun sebenarnya membangun software sendiri pun
lebih dari sekedar menulis code. Banyak sekali aspek atau perencanaannya.Aspek
inilah yang disebut ruang lingkup.Untuk lebih jelasnya, apa saja ruang lingkup
dari rekayasa perangkat lunak.Saya mengambil study kasus nya adalah game yang
saat ini sedang populer. Iya, dari judul kamu sudah mengetahuinya.
No comments: